Jumat, 24 Februari 2017

Lima Hal yang Dapat Merusak Rambut mu

Bagi sebagian orang, rambut merupakan salah satu aset berharga yang mereka miliki, maka dari itu sebagian orang memiliki treatment khusus untuk memaksimlakan gaya rambut yang mereka miliki.
Untuk kaum pria mungkin perawatan gaya rambut hanya sebatas memberikan vitamin, memotong, atau mewarnai. Namun untuk kaum hawa cenderung lebih kompleks seperti seperti menggunakan hair dryer dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk seorang yang ingin memiliki rambut sehat dan indah, maka perawatan rambut adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Namu karena kurangnya informasi yang mereka miliki, kadang mereka melakukan cara perawatan yang salah. Bukannya rambut mejadi sehat, kadang hal tersebut juga berdampak pada kerusakan yang pada akhirnya membuat rambut menjadi tidak indah.

Tentu saja kamu tidak menginginkan hal yang demikian terjadi pada rambutmu. Maka dari itu, kamu harus tahu bahwa ada beberapa hal perawatan rambut yang sebenarnya salah namun tidak diketahui banyak orang. Apa saja hal tersebut? Dilansir dari laman Cantik.tempo, Jumat, 3 februari 2017 berikut lima perawatan rambut yang dapat merusak kesehatannya.

1. Terlalu berlebihan dalam memanaskan rambut

Pada kondisi seperti apakah biasa kamu menggunakan alat pemanas rambut? Beberapa wanita akan menjawab pada saat keramas di musim dingin atau ingin menghadiri sebuah acara yang mendadak.

Untuk kondisi tertentu, keberadaan alat pemanas rambut memang cukup efektif untuk mengeringkan rambut dalam waktu yang singkat. Namun jika alat pemanas ini terlalu sering digunakan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan rambut.

Pada saat menggunakan alat pengering rambut, pastikan kamu selalu memperhatikan suhu udara alat tersebut. Jangan terlalu panas dan lama, suhu udara yang lebih sejuk merupakan pilihan terbaik untuk tetap mempertahankan kesehatan rambut kamu.

Sebenarnya masalah terkait dengan suhu udara ini tidak hanya terjadi pada saat menggunakan alat pemanas rambut saja. Penggunaan air dingin atau panas untuk keramas juga dapat memicu terjadinya keruskan rambut. Membersihkan rambut dengan menggunakan air bersuhu normal adalah pilihan terbaik.

2. Keramas terlalu sering

Menjaga rambut tetap bersih memang wajib untuk dilakukan, namun kamu harus mengetahui bahwa keramas dengan intensitas terlalu sering akan membuat rambutmu menjadi rusak.

Apakah kamu salah satu orang yang selalu keramas setiap hari? Jika demikian, kurangilah intensitas pencucian rambut. Agar rambut kamu terbiasa dengan kebiasaan yang ingin kamu rubah, lakukan secara berkala. Untuk menguranginya kamu bisa menggunakan sampho kering terlebih dahulu dan membiasakan untuk keramas dua kali dalam satu minggu.



3. Jarang melakukan pemotongan rambut

Bagi seorang wanita, memiliki rambut panjang dan sehat merupakan hal yang snagat diidam-idamkan. Maka dari itu, sebagian wanita akan sangat malas jika harus memotong rambut yang sudah mereka rawat setiap hari.

Padahal memaksakan rambut tetap panjang dan sehat itu salah satu hal yang sulit dilakukan. Jika kamu tidak ingin mengorbankan panjang rambut, kamu bisa meminta untuk menggunakan teknik pemotongan rambut yang hanya memotong sebagian kecilnya saja, sehingga rambut akan tetap sehat dan panjang.

4. Biasa menyisir pada saat rambut masih basah

Ini adalah salah satu kebiasaan yang kadang sulit untuk dihindari. Jika kamu salah satu orang yang sering melakukan hal ini, mulai sekarang biasakan untuk menyisir rambut basah setelah lima menit.

Kebiasan ini perlu kamu tinggalkan karena menyisir rambut dalam kondisi basah akan membuat rambut mudah pecah. Selain itu kamu juga harus memperhatikan sisir yang kamu gunakan, pastikan sisir tersebut memiliki gigi yang lebar.

5. Makanan yang salah

Dan kebiasaan terakhir yang dapat membuat rambut rusak adalah terkait dengan pola makan yang salah. Seperti yang kita ketahui, hampir sebagian besar asupan gizi tubuh terletak pada makanan, begitu juga dengan rambut.

Jika kamu memang ingin sekali memilii rambut indah dan berkilau, sebaiknya kamu harus bisa menghindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Lemak sehat, bayam, dan gandum adalah beberapa jenis makanan yang dapat membuat rambutmu menjadi tampak lebih sehat.

Memiliki rambut yang sehat dan indah itu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan menghindari beberapa hal ini, lambat laun kondisi rambutmu akan tampak lebih berkilau dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar